Kenapa Motor Matic Kini Tidak Ada Kick Starter?


Bagi anda yang motor maticnya tidak ada kick starter, maka pasti saja anda bertanya-tanya kenapa fitur kick starter tersebut dihilangkan, benar?

Pertanyaan ini juga sempat menghasilkan aku ingin tau sementara waktu lalu. Pasalnya setelah nyaris dua tahun menggunakan Yamaha NMax, aku gres sadar bahwa ternyata motor aku tidak punya kick starter!

Tidak cuma Nmax saja, motor-motor lain keluaran modern dari Yamaha dan Honda usang kelamaan juga menetralisir kick starter, di motor tertentu..

Atau kita lihat, motor matic yang tidak dilengkapi kick starter ialah motor matic kelas menengah keatas menyerupai Yamaha Nmax atau Lexi, Honda PCX dan Vario 150.

Sedangkan matic entri level masih pakai kick starter menyerupai Honda Beat, Yamaha Mio series dan Suzuki Nex series.

Sebenarnya argumentasi bukan "Matic banyak dipakai perempuan" atau "Mengurangi jumlah elemen / meminimalisir ongkos produksi" lho!

Jadi bekerjsama apa sih penyebab argumentasi kenapa kini kick starter sudah tidak eksis lagi bagi motor matic kelas tertentu?

Kenapa Motor Matic Sekarang Tidak Ada Kick Starter?

Motor matic keluaran kini sudah tidak perlu kick starter lagi lantaran motor matic gres sudah pakai mesin injeksi semua.

Walaupun motor matic tersebut ada kick starternya tetapi aki motor anda sama sekali habis atau soak, motor tetap tidak akan menyala meski menggunakan kick starter hingga kapanpun.

Itu dikarenakan mesin injeksi memerlukan pompa bensin untuk tetap menyala mudah-mudahan motor dapat hidup, itu sebabnya aki mesti senantiasa anggun dan dalam kondisi prima.

Tidak menyerupai metode mesin karburator, metode mesin injeksi dapat mendeteksi di saat mesin sedang hambar di saat ingin dihidupkan kembali.

Oleh lantaran itu, mikrokontroler pada metode injeksi akan mengutus untuk menyemprotkan adonan kaya (perbandingan bensin lebih banyak dibandingkan dengan udara), dengan berniat mudah-mudahan mesin motor matic tersebut gampang menyala.

Campuran kaya sendiri yakni kondisi dimana terlalu sedikit udara untuk jumlah materi bakar yang diberikan. Sedangkan Campuran ideal yakni kondisi di mana ada cukup udara untuk aben materi bakar dipahami selaku adonan stoikiometrik dan sekitar 15: 1 untuk bensin.

Alasan lain yang melatarbelakangi absennya kick starter dari motor matic dengan metode injeksi yakni metode injeksi nyaris segalanya bergantung pada metode kelistrikan untuk dapat beroperasi.

Sisi negatif dari penghilangan fitur Kick Starter

Tentunya, pengguna mesti bersungguh-sungguh mengerjakan servis dan cek metode kelistrikan. Selain itu, akan sedikit sulit bila terjadi mogok tiba-tiba di saat sedang ditengah jalan.

Karena, belum pasti motor anda tersebut dapat distarter ulang lagi. Kondisi aki yang sedang lemah cukup menjadi argumentasi mengapa anda sulit menstarter ulang kembali motor anda di saat tiba-tiba mogok tersebut.

Imbasnya, anda mesti meminggirkan motor anda sebentar ke tepi jalan dan biarkan (atau pancing) mudah-mudahan aki motor anda naik atau cas kembali.

Kesimpulan

Tidak eksisnya fitur kick starter atau engkol pasti dikarenakan para produsen motor ingin berubah seiring kemajuan jaman.

Selain kemajuan mesin injeksi yang kian kesini kian baik, fitur kick starter juga sejatinya tidak terlampau diinginkan untuk motor matic.

Selain tetap mengandalkan aki dan kelistrikan, kick starter bekerjsama hanyalah "Solusi kedua" untuk menggugah motor anda.

Kick starter pada motor matic juga sungguh jarang dipakai sehingga lebih gampang nyangkut lantaran kelemahan grease.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel