Cara Dan Bimbingan (Full Teori) Dapat Kendaraan Beroda Empat Manual, 3 Hari Dijamin Pribadi Bisa!
Selasa, 15 Maret 2022
Edit
Jujur saja, mengendarai kendaraan beroda empat manual itu tidaklah semudah yang anda liat sewaktu orang sedang nyetir.
Pernah anda ngelihat Bapak/Ibu anda atau orang akrab anda sedang nyetir kendaraan beroda empat atau sewaktu sewaktu anda naik angkot tetapi keliatannya simpel banget gitu.
Misal begini, anda akan berguru suatu kendaraan beroda empat manual yang keliatannya pemakaiannya gampang, terus anda mau belajar, sedangkan anda gak ada pengalaman nyetir kendaraan beroda empat apapun, alias masih awam.
Pertama kali anda nyoba mobilnya niscaya akan takut (Saya percaya ini, sebab saya pun begitu).
Kenapa? Karena anda tidak ada pengalaman nyetir kendaraan beroda empat sama sekali dan anda awam dalam mengendarai mobilnya. Ada tahapan tahapannya menuju professional dalam menyetir suatu mobil.
Semakin anda sering belajar, maka kian berani anda mengendarainya. Terus menjajal mengendarai hingga ke jalan raya dan jalan jalan protokol dan bahkan jalan tol.
Hasilnya apa? Anda bertambah banyak jam terbang. Jam melayang inilah yang hendak menghasilkan anda lihai mengendarai kendaraan beroda empat dan menjadi professional dalam mengemudikan mobil.
Nah, anda mungkin perlu waktu kurang lebih 3 hari kosong (atau lebih, terserah anda), untuk berguru teknik dasar dalam berkendara.
Tapi tetap ingat ya, ini yakni panduan yang sekiranya ya cuma read only, yang berati anda mesti mempraktekannya sendiri atau bahkan butuh pembimbing (bila perlu) yang telah orisinil nyetir.
“Ah jangan kendaraan beroda empat manual ah,, kalo mau tenteram kendaraan beroda empat matic aja.”“rRbet ganti giginya kalau manual, mendingan matic yang tinggal nyetir tanpa sakit kepala mikirin perpindahan trasmisinya”“Ngeri deh kalo nyetir kendaraan beroda empat manual,, gatau cara koplingnya.”“Kalo manual pegel, mendingan matic aja.”
Lebih baik ilangin deh alasan-alasan menyerupai diatas, sebab kendaraan beroda empat manual tidak sekejam itu kalau anda memang bertujuan ingin bisa.
Mobil manual itu malah aman, sebab tidak dapat asal gas gitu aja. Itu juga yang menghasilkan anda malas menjajal manual dan tidak akan dapat hingga kapanpun.
Walau anda maunya kendaraan beroda empat matic, tetapi saya rasa anda juga mesti tau cara mengendarai kendaraan beroda empat manual itu bagaimana (minimal tahu caranya).
Mau berguru sendiri, atau didampingi pembimbing anda (ortu, teman, guru setir) itu menurut saya beda waktu bisanya lho!
Disarankan untuk berguru sendiri, sebab saya jamin anda akan 70% lebih singkat bisanya dari pada didampingi oleh insfrastruktur.
Kalau berguru bareng infrastruktur maka anda akan aman, tetapi pada lazimnya nanya dan sedikit lebih usang bisanya dari pada berguru sendiri (terserah anda, ini cuma saran).
Saran saya belajarnya juga di lapangan kosong yang luas dan sepi dahulu di hari pertama anda akan berguru (Kalo masih awam kopling banget, minta ortu atau sobat yang anda kenal biar dapat bawa kendaraan beroda empat untuk ke lapangan terdekat).
Baru hari kedua di jalan komplek atau perumahan, dan hari ketiga di jalan raya (anda dapat mengontrol waktunya anda sesuai kemauan anda sendiri).
Oke, disini saya juga akan menyertakan sedikit kiat agar cepat dapat kendaraan beroda empat manual, yakni antisipasi mental anda.
Sudah banyak laki laki dan perempuan yang bisa nyetir kendaraan beroda empat di jalan raya,, masa kita tidak? Camkan itu dalam otak anda agar cepat bisa.
Hari Ke-1 (Mengemudi Maju Dan Mundur)
1. Mulailah menyalakan kendaraan beroda empat anda
Cek transmisi kendaraan beroda empat anda,, Netral apa tidak?
Cara untuk menganalisa apakah kendaraan beroda empat manual sedang di posisi netral atau tidak yakni dengan menggoyangkan tuas transmisi ke kanan dan ke kiri 2 kali.
Jika goyangan bebas, maka itu Netral.
Jika masih tidak percaya transmisi tidak netral, dorong tuas transmisi ke posisi 3 terus dorong halus ke 4 saja (tanpa menekan kopling bisa) atau sebaliknya, itu telah di posisi Netral.
Penting untuk dikenang bahwa posisi kunci ada 4, yakni :
- LOCK
Untuk mengunci setiran mobil, untuk ke posisi ini tekan kunci anda kemudian putar ke arah lock.
- ACC
Untuk menyalakan “acc”esories (aksesoris), dapat menyalakan radio tanpa menyalakan seluruh komponen elektronik di mobil.
- ON
Untuk mengoperasikan aksesoris dan instrumen kendaraan beroda empat anda, untuk kendaraan beroda empat jaman kini tunggu minimal 3 detik panel instrumen injeksi menyala (loading data mobil) sebelum starter.
- START
Untuk menyalakan mesin. Ohiya, kunci diposisi ini jangan terlalu lama, sebab akan menghancurkan mesin. Istilah simpel nya tekan ke kanan , mesin telah menyala kemudian putar ke on lagi.
Untuk dengar radio jangan di posisi ACC terlalu usang lebih dari 10 menit,, dapat boros aki. Mending nyalahin mesin dahulu aja... gres joss dengerin radio lagi.
2. Mesin nyala, kemudian tekan pedal kopling
(+) Untuk maju :
1. Tahan pedal kopling dulu, sembari ganti transmisi ke gigi 1.
2. Transmisi telah di gigi 1.
3. Lalu Lepas pedal koplingnya pelan pelan saja, dan hingga kendaraan beroda empat bergerak pelan (Tidak berlaku kalau jalanan anda tanjakan, tambah gas selagi lepasan pedal kopling hingga 1/2).
4. Nah kalau jalannya kira kira telah kencang tanpa di gas, dapat dilepas koplingnya.
5. Jangan main asal lepas pedal kopling sebab mesin kendaraan beroda empat akan mati. Tambah gas sesuai feeling anda kalau diperlukan.
(+) Untuk mundur :
1. Tahan pedal kopling dulu, sembari ganti posisi transmisi ke gigi R (Reverse).
2. Lalu Lepas Koplingnya pelan pelan saja, rasakan kendaraan beroda empat anda bergerak mundur tanpa digas (tidak berlaku kalau jalanan anda tanjakan, tambah gas selagi lepasan pedal kopling hingga 1/2).
3. Nah kalau mundurnya kendaraan beroda empat kira kira udah kencang tanpa digas,, dapat dilepas koplingnya.
4. Jangan main asal lepas pedal kopling sebab mesin kendaraan beroda empat akan mati. Tambah gas sesuai feeling dan keperluan kalau diperlukan.
(+) Untuk mengubah gigi transmisi sewaktu kendaraan beroda empat berlangsung :
1. Angkat gas secara perlahan, kemudian tekan sarat pedal kopling.
2. Pindahkan tuas transmisi yang dikehendaki, angkat kopling hingga ½ angkatan.
3. Lalu injak gas kembali sesuai kebutuhan, kemudian lepaskan kaki kiri dari pedal kopling.
(+) Untuk meminimalkan gigi transmisi sewaktu kendaraan beroda empat berlangsung :
1. Tekan sarat pedal kopling, dan angkat pedal gas.
2. Pindahkan ke posisi gigi yang anda kehendaki, kemudian sesudah itu angkat kopling hingga ½ lepasan. Tambah gas sesuai keperluan dan kemudian lepas pedal kopling sepnuhnya.
(+) Untuk jalan lewat gajlukan (Polisi tidur) :
1. Tekan pedal rem kalau laju kendaraan beroda empat anda terlalu kencang, lepas pedal gas secara perlahan biar kendaraan beroda empat tidak ngeden (anda akan tahu dengan sendirinya kalau mencoba).
2. Segera tekan sarat pedal kopling, pindahkan tuas transmisi ke posisi 1. Jika kedua ban depan telah melalui polisi tidur, angkat kopling hingga ¼ atau ½ (sesuai keperluan anda).
3. Ketika kedua roda belakang tidak besar lengan berkuasa melalui tanjakan, secepatnya tambah gas untuk tenaga tambahan.
Ulang terus hingga menurut anda latihan hari ini telah dapat (lancar). Karena ini teknik dasar tetapi penting, senantiasa kepake nantinya. Mobil tidak nyentak, mesin tidak mati saya rasa telah cukup latihan untuk hari pertama.
Disini para pemula biasanya kesulitan, tetapi senantiasa ingat bahwa anda niscaya bisa.
Penting!
Mencegah start dalam kondisi masuk gigi
Jika kendaraan beroda empat anda mati sebab terlalu cepat lepas pedal kopling, secepatnya kembalikan transmisi kendaraan beroda empat kembali ke Netral!
Jika posisi transmisi masih masuk gigi dan anda start ulang mobil, kendaraan beroda empat anda akan ngeberedek maju (kalau diposisi R maka kendaraan beroda empat akan ngeberedek mundur).
Ini terang ancaman kalau lagi latihan, yang ada malah anda panik. Pakailah cara ini kalau anda lagi kebetulan mogok di rel kereta, jangan pas lagi latihan ya.
Kenyamanan dan keamanan
Atur posisi jok kendaraan beroda empat anda hingga nyaman. Kenali tekanan dan jarak lepasan pedal kopling kendaraan beroda empat anda, tekanan rem, dan tekanan gas.
Kenali juga radius putar kendaraan beroda empat anda dan besarnya bodi kendaraan beroda empat anda sebab ini penting. Jangan lupa pakai sabuk pengaman biar nantinya anda akan sudah biasa dalam tertib kemudian lintas.
Hari Ke-2 (Berkendara Di Jalan Sempit Dan Cara Mengemudi Di Tikungan)
Mulailah latihan di jalan perumahan yang banyak belokan. Mobil itu tidak menyerupai motor yang bisa main belok belok aja.
Mengendarai kendaraan beroda empat itu mesti memperhitungkan besarnya bodi depan, sempit atau leganya tikungan itu sendiri dan bodi kanan belakang kendaraan beroda empat akan kemana nantinya kalau belok.
Saya harap anda telah dapat banget semua panduan hari ke-1 yang telah saya jelaskan diatas untuk dihari kedua ini.
Jika masih tidak bisa, saya sungguh sarankan untuk jangan dahulu latihan berbelok.
Saya disini tidak menerangkan gasnya mesti seberapa, koplingnya segimana, dan remnya segimana, sebab saya telah jelaskan teknik dasar maju dan mundur di hari pertama.
(+) Sesaat anda ingin belok, di beberapa kondisi anda mesti menurunkan transmisi kendaraan beroda empat ke transmisi yang lebih rendah
Ini tergantung cepat atau tidaknya anda melibas belokkan itu sendiri (coba sendiri,, nanti anda akan tahu dengan sendirinya).
(+) Kapan Anda mesti berbelok?
Tergantung suasana dan lebar jalannya, saya tidak dapat menerangkan dengan teori. Anda akan tahu dengan sendirinya kalau anda menjajal sendiri di jalan tikungan. Intinya pergunakan saja feeling anda.
(+) Selalu lihat spion kanan dan kiri anda sewaktu ingin berbelok
Pasti anda tak ingin kan kendaraan beroda empat anda menyerempet kendaraan lain dan jadi baret bahkan pengok, cuma sebab anda lupa menyaksikan spion sewaktu ingin belok?
(+) Selalu minimalkan kecepatan kalau anda ingin melibas tikungan
Selalu ingat kata kata saya ini sebab ancaman kalau di tikungan tetapi anda tetap kekeh untuk tidak meminimalkan gas kendaraan beroda empat anda (Kecuali anda telah paham betul abjad jalan serta tikungannya).
1. Cara Dasar Berbelok yang kondusif bagaimana?
Misal anda ingin belok ke kanan, ambil sedikit saja jalan lebih di kiri (belokkan dikit ke kiri).
Lalu sesudah itu ukur sesuai lebar jalannya kapan anda mesti belok ke kanannya (ukur sesuai feeling anda). Begitu juga sebaliknya.
2. Saat anda membelokkan setir sempurna sewaktu ditengah tengah belokkan, tahan setiran kendaraan beroda empat anda
3. Sehabis ditahan sebentar, koreksi belokkan roda anda kebihan apa kurang?
Jika kurang maka tambahkan putaran setir mobil. Namun kalau kelebihan, maka balas belokkan setir anda ke arah berlawanan.
4. Sesaat sesudah berbelok, secepatnya balas setiran anda ke posisi lurus (posisi semula) dan jangan tunggu lurus banget
Karena kalau anda membalas setirannya sewaktu telah jalan lurus, kendaraan beroda empat anda dapat kebablasan beloknya kalau anda tidak secepatnya membalas arah belokkan setir (karena roda tetap berbelok).
Ini terang ancaman kalau terjadi di jalanan sempit dan jalan yang ramai. Tapi tidak apa-apa kalau jalanannya luas dan sepi.
Bodi kendaraan beroda empat anda kecil,, maka perkiraan beloknya pun niscaya akan mudah. Tapi makin panjang bodi kendaraan beroda empat anda, maka perkiraan beloknya pun mesti makin cermat, jangan hingga salah perkiraan sebab sungguh berbahaya.
Mungkin itu dahulu latihan untuk hari kedua. Terus untuk berguru di jalan perumahan yang banyak belokannya biar terbiasa.
Mantapkan diri anda untuk melibas tikungan di hari kedua ini
Hari ke-3 (Berkendara Stop&Go Di Jalan Menanjak)
Berkendara ditanjakkan kalau tanpa hambatan memang mudah, tetapi apakah anda senantiasa melalui tanjakan yang sepi? Saya percaya tidak.
Ada kalanya anda akan mengalami macet di tanjakkan nanti, maka dari itu saya akan memberi panduan bagaimana berkendara di tanjakkan sewaktu macet, dan usahakan cari jalan tanjakkan yang sepi untuk latihan.
Jangan ke step ini kalau anda belum dapat teknik dasar, sebab selain dapat ancaman Juga besar kemungkinannya kalau kendaraan beroda empat anda akan mundur, kendaraan beroda empat melambung dan mati disini.
Sangat saya sarankan anda punya banyak waktu luang dihari ini. Karena anda akan berguru di tanjakan, dan carilah jalan di perumahan yang nanjak dan sepi dari orang yang berlalu-lalang.
Dan kalau bisa, ajak sobat anda atau orang renta anda untuk menjinjing kendaraan beroda empat ke jalan tanjakan di jalan perumahan, kemudian suruh mereka menyaksikan anda latihan tetapi jangan mendampingi.
Karena kalau mereka mendampingi anda didalam kendaraan beroda empat yang serupa kemudian mereka panik, anda pun niscaya akan panik.
(+) Bayangkan jalan sepi ini yakni jalan raya
Dimana kalau anda mundur sedikit niscaya akan nabrak kendaraan beroda empat yang belakang. Anda akan cepat dapat kalau berpendapat begitu.
(+) Mulailah berguru dijalan lurusnya dahulu sebelum tanjakannya
Jalankan mobil, gres di tanjakannya anda pura pura ada macet dimana anda mesti berhenti. Disinilah imajinasi anda bermain dan membantu.
1. Untuk memberhentikan kendaraan beroda empat di tanjakkan kemudian direm tangan :
1) Sebelum berhenti, tekan sarat pedal kopling kemudian tekan rem sesuai keperluan anda biar kendaraan beroda empat berhenti.
2) Segera netralkan transmisi kendaraan beroda empat anda, kemudian sesudah itu tarik tuas rem tangan anda keatas.
3) Berhenti kemudian jalan lagi di tanjakan dengan pedal rem saja (rekomendasi sewaktu macet merayap).
4) Sesaat sebelum kendaraan beroda empat depan berhenti, anda eksklusif tekan sarat pedal kopling dan sesudah itu secepatnya juga tekan sarat pedal rem agar kendaraan beroda empat tidak ngegelosor ke belakang.
5) Anda lihat suasana macet merayapnya, berhentinya usang apa tidak.
Jika usang macetnya, jangan sungkan untuk menetralkan transmisi kendaraan beroda empat anda, biar kaki kiri anda tidak pegal menekan pedal kopling secara sarat terus-terusan.
Dan lebih baik lagi tarik rem tangan anda (Ikuti step ke 1 untuk lebih lengkapnya).
Jika sebentar maju dalam waktu dekat berhenti (macet merayap atau macet biasa), transmisinya jangan dinetralkan dan kerjakan step ini dengan cepat.
Karena kalau anda tidak cepat sedikit saja maka kendaraan beroda empat akan mundur sedikit juga ke belakang. Pelepasan kopling dan pelepasan gas nya mesti bersama-sama dan mesti cepat.
Pertama lepas koplingnya hingga ½ lepasan dulu, diikuti tekan pedal gas sesuai feeling anda biar kendaraan beroda empat dapat berlangsung di tanjakan sewaktu macet.
2. Berhenti kemudian jalan di tanjakan dengan rem tangan (rekomendasi sewaktu macet total)
Pastikan orang tua/teman ataupun anda sendiri telah memposisikan transmisi kendaraan beroda empat di netral serta di rem tangan sewaktu kendaraan beroda empat berhenti di tanjakan.
3. Belajar untuk melakukan kendaraan beroda empat kembali dengan menggunakan rem tangan:
1) Mulailah dengan menekan sarat pedal kopling.
2) Ubah transmisi gigi ke posisi 1, tidak usah mengotak-atik pedal rem.
3) Lepas kopling hingga ¼ lepasan, sesudah itu secepatnya kaki kanan anda injak gas dikit untuk agar kendaraan beroda empat dapat maju di tanjakkan.
Tahan dahulu hingga anda mendengar atau mencicipi mesin kendaraan beroda empat anda bergetar, itu mempunyai arti dorongan mesin yang tertahan sebab mesin anda masih tertahan rem tangan kendaraan beroda empat yang aktif mengunci kedua roda belakang.
4) Segera turunkan rem tangan kemudian rasakan kendaraan beroda empat anda bergerak.
Ingat ya,, jangan eksklusif lepas kopling kendaraan beroda empat anda lebih dari ½ lepasan hingga serayanya kendaraan beroda empat anda jalannya telah agak kencang (coba sendiri, nanti anda akan tahu dengan sendirinya).
2. Berhenti kemudian jalan lagi di tanjakan dengan perpaduan kopling dan gas (Setengah kopling, cara rekomendasi sewaktu macet merayap)
Step ini boleh dilewati, sebab saya sungguh sarankan kerjakan step ini kalau anda telah piawai dan jam melayang menggemudi anda tinggi saja sewaktu di jalan raya.
Namun anda boleh menyoba step ini sebab suatu sewaktu mungkin anda menggunakan step ini sewaktu anda sedang macet di tanjakkan nantinya.
Anda juga mesti sering berlatih biar piawai setengah kopling,, sebab setengah kopling itu susah-susah gampang.
1) Untuk awalnya, anda mesti berada di posisi dimana itu posisi kendaraan beroda empat anda sedang direm tangan. Kenapa? Karena kalau anda berada di kondisi pedal rem, besar kemungkinannya kendaraan beroda empat anda akan mundur.
2) Tekan sarat pedal kopling, ubah transmisi kendaraan beroda empat ke posisi 1, kemudian tekan pedal gas hingga sekiranya mesin kendaraan beroda empat bergetar (abaikan ini kalau anda sedang diposisi pedal rem kaki dan kendaraan beroda empat tidak ditahan rem tangan).
3) Lepas kopling kendaraan beroda empat hingga ½ lepasan, kemudian lepas rem tangan kendaraan beroda empat anda.
4) Terus tahan posisi kedua kaki anda. Kaki kiri tahan lepasan kopling hingga ½, dan kaki kanan tahan gas secukupnya, biar menahan kendaraan beroda empat selaku pengganti fungsi rem di tanjakkan untuk sementara.
5) Rasakan kendaraan beroda empat anda tertahan gerakannya tanpa bergerak mundur, atau pun melambung ke depan.
6) Jika kendaraan beroda empat anda malah mundur, secepatnya lepas kopling hingga lebih minim dari setengah (jangan lepas penuh), dan pada sewaktu yang bersamaan tekan pedal gas lebih biar kendaraan beroda empat kembali tertahan gerakannya.
7) Jika kendaraan beroda empat anda bergerak kedepan terlalu berlebihan, secepatnya lepas gas anda yang terlalu dalam dan injak pedal kopling hingga sekiranya cukup untuk menahan kendaraan beroda empat biar tidak bergerak ke depan.
Jangan ketakutan kalau anda macet di tanjakkan! Bahaya, sebab nanti pikiran anda jadi buyar dan dapat bisa malah mundur dan mencelakakan orang lain. Bawa santai saja,, anggap anda itu bisa, dan anda itu piawai dalam mengendarai mobil.
Semakin sering anda berlatih, maka ketakutan anda mengemudi kendaraan beroda empat di tanjakkan macet kian hilang.
Setengah kopling sering kali menyebabkan amis terbakar di kampas koplingnya. Untuk mencegahnya, anda mesti sempurna menyeimbangkan kopling dan gasnya.
Jika mesin kendaraan beroda empat anda mati sebab lepasan pedal kopling anda terlalu cepat, yang penting jangan ketakutan dan segeralah tarik tuas rem tangan, kemudian netralkan dan start ulang kendaraan beroda empat anda.
Untuk jalan kembali tekan sarat pedal kopling,, pindahkan tuas transmisi ke posisi 1, lepas pedal kopling hingga ½ lepasan dan kemudian tekan gas seperlunya dan sewaktu mesin kendaraan beroda empat anda serasa bergetar, turunkan tuas rem tangan dan kendaraan beroda empat telah jalan.
Selamat! Anda telah tau semua teknik permulaan untuk nantinya sering digunakan sewaktu berkendara. Anda boleh mengulangi lagi latihannya biar nanti anda berkendara di jalan raya kian mantap.
Hari Ke-4 (Seharusnya Anda Sudah Kompeten Di Jalan Raya Dan Bisa Mencoba Skill Mengemudi Anda)
Sudah tau teknik dasar, teknik berbelok, dan teknik jalan di tanjakkan yang macet, kenapa nggak coba nyetir kendaraan beroda empat di jalan raya? Haha.... boleh tuh.
Tapi usulan saya belajarnya malam suntuk aja, kenapa?
(+) Kalau jam 1 malam keatas itu rata rata orang yang nyetirnya itu udah pada pengalaman semua.... dapat diajak kompromi. Nyalip ya ia nyalip aja, bahkan nggak pake klakson melainkan pakai dim, lampu panjang sebentar.
(+) Kalau siang, anda niscaya bakalan ngagokin orang yang gak sabaran,, di klaksonin deh. Pikiran buyar dan latihannya jadi bantut.
(+) Jalanan sepi, yang mempunyai arti anda bebas dari macet. Ya masa latihan malam kok macet haha.... atau cari jalan raya yang sepi sewaktu malam.
(+) Sekalian anda berguru bagaimana berkendara malam. Kenali instrumen kendaraan beroda empat anda sewaktu malam hari,, jauhnya persepsi anda, jarak sorot lampu, penggunaan lampu kabut, dsb.
Sekian pemberitahuan dari saya, pasti saja mudah-mudahan bermamfaat.