Beginilah Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling - Selain motor matic, ada jenis motor yang disebut selaku motor kopling. Motor kopling bagi yang belum pada tahu itu merupakan motor yang mengerakannya perlu menggerakkan tuas kopling yang berada di kaki. Namun yang dimaksud disini itu motor kopling yang memakai handle ( manual ), bukannya kopling biasa yang kerap dijumpai di motor belibis contonya honda supra x 125, honda revo dan lain lain.

Ya walaupun sejatinya ada juga motor belibis yang memakai kopling manual menyerupai Yamaha Jupiter MX. Serta ada pula motor ayago yang menggunakannya menyerupai motor Honda Sonic 150 atau Suzuki Satria F150. Namun pada biasanya motor kopling itu merupakan motor tipe sport. Kalau di indonesia misalnya menyerupai Yamaha Vixion, Honda CBR150R dan lain lain.

Motor kopling sendiri sudah usang ada di indonesia, tetapi meski begitu ternyata masih banyak diantara teman dekat otomotif yang ternyata masih belum terlalu tahu bagaimana untuk mengedarai motor kopling. Ya kalau hal ini sih rasanya masuk akal saja, sebab memang dari semua tipe motor, motor tipe kopling manual yang paling sukar dalam mengendarainya.

Tak menyerupai motor matic yang untuk menjalankannya cukup menawan gas saja. Dan pribadi berlari sesuai dengan keinginan. Ataupun motor belibis yang tinggal menginjak motor kopling saja. Motor kopling manual yang kerap ada di motor sport sendiri itu perlu perpaduan antara tangan dan kaki. Serta kadang-kadang feel itu sungguh dikehendaki mudah-mudahan bisa tanpa hambatan berkendaranya.

Lantas kenapa ya hingga sukar susah dibentuk motor kopling manual? bukannya kalau motor matic ataupun motor belibis malah lebih mudah. Jawabannya yakni disisi kecepatan. Ya motor kopling manual condong memiliki kecepatan yang lebih jago dan powerfull. Hal ini sebab perpindahan tenaga bisa lebih lancar.

Nah inilah mengapa biasanya metode kopling manual itu kerap dipakai untuk motor balap. Tenaga di mesin bisa didistribusikan dengan sungguh bagus sehingga motor bisa melesat dengan segera dan bisa menjangkau kecepatan tertinggi. Lalu teman dekat motorcomcom semuanya, Pola transmisi untuk tipe motor kopling itu condong berlainan yakni 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 atau kalau transmisi nya 6 ya 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.

Beda sekali dengan motor kopling biasa menyerupai motor belibis yang polanya itu N - 1 - 2 - 3 - 4. Melihat dari trasnmisi motor kopling manual, pastinya itu jauh menyediakan fasilitas untuk mengembalikan posisi gear ke N. Baiklah teman dekat otomotif jikalau ada yang ingin tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling berikut gunjingan nya dari motorcomcom buat kamu.

 ada jenis motor yang disebut selaku  motor kopling Beginilah Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula
Cara Mengendarai Motor Kopling

Cara Mengendarai Motor Kopling

  1. Hal pertama pastinya yakni naik diatas motor
  2. Selanjutnya posisikan kunci kontak pada posisi ON
  3. Lihat di speedometer & tetapkan posisi gear itu Netral ( N ). Biasanya warna nyalanya itu hijau
  4. Kalau sudah tekan tombol starter. Menekannya tak perlu usang lama teman dekat otomotif cukup 3 detik saja. Karena kalau usang lama bisa bisa akinya malah tekor.
  5. Tarik handle yang berada di stang kepingan kiri. Lalu injak tuas kopling kearah depan ( berlaku juga buat transmisi versi cungkil ala motor sport fairing ) hingga suara "klek".
  6. Tetap pegang handle tetapi kaki tak perlu menginjak transmisinya lagi. Kemudian kau lepaskan handle secara perlahan bebarengan memuntir gas perlahan juga. Jangan pribadi lepas handel sebab motor bisa meloncat kedepan dan mesin. Biasanya hal ini butuh sedikit feel.
  7. Ketika motor sudah berlangsung jalan juga jangan pribadi dilepas handle nya. Tetap dipegang ( ditekem ) tetapi tak hingga penuh.
  8. Jika motornya sudah berlangsung sekitar 10 km/jam. Pindah posisi gearnya ke gear 2 yakni dengan cara menawan handle secara penuh, kemudian injak transmisi ke belakang ( untuk versi cungkil yakni dengan mencungkilnya ke atas ). Melepasnya pun juga perlahan lahan menyerupai waktu transmisi 1.
  9. Untuk memaksimalkan transmisi ke atas caranya sama menyerupai itu.
  10. Jika ingin berhenti, tarik sarat handle kopling kemudian injak pedal rem secara perlahan hingga berhenti.
  11. Saat sudah berhenti tetap pegang sarat handle kopling, kemudian kalau sudah begini tinggal balikkan transmisi ke posisi N. Caranya tinggal tekan tuas kopling ke kepingan depan dahulu ( kalau versi cungkil di tekan kedepan ) maka akan pribadi ke posisi 1.
  12. Dan untuk posisi N tinggal tekan tuas ke belakang tetapi cukup 1/2 saja jangan hingga tekan sarat ( untuk versi yang versi kopling cungkil, tinggal cungkil keatas 1/2 saja jangan hingga sarat ). Transmisi pun akan ke posisi N ( Netral ).

Demikian itulah teman dekat otomotif seluruhnya cara mengendarai motor kopling buat pemula dari motorcomcom. Cara tersebut bisa dipakai untuk motor dengan kopling manual menyerupai yamaha vixion, yamaha jupiter mx, honda cbr150r, yamaha r15 dan lain lain. Semoga bisa berharga dan mempunyai kegunaan bagi teman dekat yang memang belum pernah dan ingin mengendarai motor kopling artikle tentang cara mengendarai motor kopling yang baik.

Oh ya sedikit kiat buat teman dekat otomotif di saat mungkin melalui tanjakan ataupun turunan. Cara mengendarai motor kopling di tanjakan misalnya, di saat mau naik minimalisir dahulu giginya. Caranya sama diatas yakni pegang sarat handle kopling kemudian oper gigi hingga gigi 1. Setelah itu di saat perlahan naik tinggal tetap pegang handle tetapi tak hingga penuh.

Kemudian di saat kecepatan perlahan tinggi ikuti juga dengan pengoperan gigi ke yang berikutnya 2 kemudian 3. Biasanya sih untuk naik tanjakan yang dipakai gear 2 hingga 3, kalau gear 4 dan seterusnya bisa bisa terlalu membenani mesin. Selanjutnya untuk menuruni turunan, di saat sudah berlangsung tekem handle kopling tetapi jangan terlalu sarat bisa bisa malah terlalu cepat turunnya.

Pegang handle kopling setengah saja sudah cukup sambil menginjak rem perlahan. Untuk turunan biasanya sih posisi gear itu juga pakai gear 2 atau gear 3. Oh ya teman dekat kadang ada juga yang galau di saat berhenti di lampu merah. Kalau yang ini gampang saja, di saat kalian melaju dan menyaksikan lampu merah di depan minimalisir kecepatan dan minimalisir gigi.

Tinggal tarik full handel kopling kemudian tekan kopling ke depan dan nanti posisi gear hingga posisi 1. Atau kalau teman dekat mau ya posisikan ke Netral kalau gak juga gak apa apa. Lalu di saat berhenti lepas saja handle kopling ( ini berlaku untuk gigi Netral ). Ketika lampu hijau tarik full handle kopling kemudian injak transmisi ke depan dan tinggal melaju kembali. Itulah yang dapat motorcomcom berikan dan hingga jumpa di postingan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel