5 Kiat Mempertahankan Dan Merawat Aki Motor Biar Baka Dan Tahan Lama
Selasa, 16 Januari 2018
Edit
Memang aki ialah unsur yang penting dalam penggunaanya di sepeda motor, jadi kita mesti sanggup merawat dan menjaganya agar tidak cepat soak (mati).
5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, Aki yakni salah satu unsur pada motor yang memiliki tugas penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama mudah-mudahan starter motor Anda sanggup dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan unsur kelistrikan lainnya, menyerupai head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.
Pada Dasarnya aki sepeda motor itu ada 2 yakni aki kering dan aki basah.
Aki Kering Aki ini mengandung gel selaku pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang menyibukkan menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang menyerupai pada aki basah. Oleh alasannya yakni itu aki ini dibilang maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.
Aki Basah Aki ini disebut aki berair alasannya yakni di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, alasannya yakni cairan di dalam aki mesti tetap tersadar pada batas diatas minimal mudah-mudahan pemikiran arusnya sanggup optimal dan menjadikannya tidak gampang rusak.
Itu sedikit pembuka saja, dan eksklusif saja ini beliau 5 kiat menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, antara lain :
Itu saja yang sanggup saya sampaikan, mudah-mudahan sanggup berfaedah dan memperbesar sedikit wawasan anda dalam mempertahankan dan merawat aki motor anda, cukup sekian dari saya dan terimakasih.
5 Tips Menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, Aki yakni salah satu unsur pada motor yang memiliki tugas penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama mudah-mudahan starter motor Anda sanggup dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan unsur kelistrikan lainnya, menyerupai head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.
Pada Dasarnya aki sepeda motor itu ada 2 yakni aki kering dan aki basah.
Aki Kering Aki ini mengandung gel selaku pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang menyibukkan menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang menyerupai pada aki basah. Oleh alasannya yakni itu aki ini dibilang maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.
Aki Basah Aki ini disebut aki berair alasannya yakni di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, alasannya yakni cairan di dalam aki mesti tetap tersadar pada batas diatas minimal mudah-mudahan pemikiran arusnya sanggup optimal dan menjadikannya tidak gampang rusak.
Baca Juga : 7 Tips Praktis untuk mendapat Modal Usaha
Itu sedikit pembuka saja, dan eksklusif saja ini beliau 5 kiat menjaga Dan Merawat Aki Motor Supaya Awet Dan Tahan Lama, antara lain :
- Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda
Hal pertama yang mesti Anda lakukan yakni lebih terhadap cara penggunaan motor Anda sendiri. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, utamanya yang menggunakan energi listrik. Contohnya menyerupai memperbesar lampu-lampu lain selaku hiasan, perangkat audio rakitan, atau merubah tipe klakson motor melampaui batas yang dianjurkan. - Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan
Sebaliknya, gunakan starter manual (engkol) selaku gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki selaku sumber dayanya bersamaan dirancang selain untuk membuat lebih gampang proses menyalakan motor, juga digunakan pada kondisi darurat menyerupai motor mati secara tiba-tiba di jalan raya. - Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya
Pada bab dalam aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan dukungan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya. - Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati
Hal ini berencana mudah-mudahan pada di saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang diperlukan (beban aki) tidak terlampau besar. - Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki
Usahakan mudah-mudahan tidak melampaui batas atas dan bawah yang tertera. Jika telah mendekati batas bawah, secepatnya tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga nyaris menjamah batas atas.
Itu saja yang sanggup saya sampaikan, mudah-mudahan sanggup berfaedah dan memperbesar sedikit wawasan anda dalam mempertahankan dan merawat aki motor anda, cukup sekian dari saya dan terimakasih.