Tips Cara Belajar Mengendarai Motor Biasa (Motor Bebek)
Kamis, 21 Desember 2017
Edit
Kebanyakan dari motor yang tidak mempunyai kopling manual yakni jenis motor bebek, tetapi ada juga motor angsa yang mempunyai kopling manual, motor jenis itu tidaklah banyak, sungguh jarang dapat kita jumpai. Belajar berkendara dengan memakai motor tanpa kopling manual lebih gampang ketimbang belajar mengendarai motor berkopling manual, tetapi akan lebih gampang lagi kalau belajar kiat menaiki motor matic.
Ketentuan dari rata-rata motor tanpa kopling manual
Posisi gigi pada rentang kecepatan tertentu
8 dasar cara berguru motor tanpa kopling manual
Cara berguru memperbesar dan meminimalisir gigi motor tanpa kopling manual
Ketentuan dari rata-rata motor tanpa kopling manual
- Kecepatan maksimum yakni 100 km/jam
- Pedal dari persneling/gigi berada di kaki kiri
- Pedal gigi depan untuk memperbesar gigi
- Pedal gigi belakang untuk meminimalisir gigi
- Persneling atau gigi maksimum yakni gigi 4
- Tuas rem tangan ada di depan handle gas, tepatnya di tangan kanan.
- Pedal rem kaki ada di depan kaki kanan.
- Saat mengerjakan perpindahan gigi (menambah ataupun mengurangi) umumnya diikuti dengan sedikit hentakan.
- Hentakan juga dapat terjadi ketika memperbesar ataupun meminimalisir gas secara drastis atau mendadak.
Posisi gigi pada rentang kecepatan tertentu
- Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam : Gigi satu
- Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam : Gigi dua
- Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam : Gigi tiga
- Rentang kecepatan 60 - optimal : Gigi empat
8 dasar cara berguru motor tanpa kopling manual
- Tancapkan kunci dan posisikan pada titik ON.
- Pastikan lampu indikator gigi menunjukan gigi di posisi netral (biasanya indikator N berwarnakan hijau menyala).
- Starter atau nyalakan mesin motor (lebih baik lagi kalau mesin motor dipanaskan apalagi dulu selama 1 menit). Menstater motor dapat dilaksanakan dengan 2 cara: Double starter (dengan tangan) dan Kick starter (dengan kaki).
- Masukkan atau injak pedal persneling depan satu kali untuk memasukkan posisi gigi ke gigi satu.
- Agar motor dapat berlangsung putar handle gas secara perlahan-lahan dengan kecepatan yang cukup.
- Jika ingin berhenti kembalikan handle gas ke posisi semula dengan secara perlahan-lahan diikuti dengan menawan tuas rem tangan atau menginjak rem kaki.
- Setelah berhenti posisikan gigi pada posisi netral dengan menginjal tuas gigi belakang satu kali.
- Sebelum meninggalkan motor, putar kunci pada posisi LOCK dan pasang standar.
Cara berguru memperbesar dan meminimalisir gigi motor tanpa kopling manual
- Seperti pada 8 dasar cara berguru motor diatas pada kondisi sudah di poin atau di nomer 5, yakni kita sudah berlangsung dengan posisi gigi berada di gigi satu.
- Putar handle gas sedikit lagi agar kecepatan motor bertambah.
- Jika kecepatan sudah berada di 20 km/jam, injak gigi depan secara perlahan-lahan untuk mengoptimalkan gigi di posisi gigi dua, kalau perlu jalankan sedikit penghematan gas alasannya umumnya terjadi sedikit hentakan.
- Tambah lagi laju motor.
- Lakukan penambahan gigi di posisi gigi tiga pada kecepatan di 40 km/jam, caranya sama dengan mengoptimalkan gigi di posisi gigi dua sebelumnya (poin/nomer 3).
- Posisikan gigi pada gigi empat pada ketika kecepatan berada di 60 km/jam.
- Untuk meminimalisir gigi ke posisi gigi tiga, minimalkan putaran gas dan injak tuas gigi belakang secara perlahan-lahan satu kali pada ketika kecepatan berada di 40 km/jam.
- Pindahkan pada posisi gigi dua ketika berada di kecepatan 20 km/jam
- Pada ketika berada di kecepatan 10 km/jam, gigi dapat diganti ke posisi gigi satu.
- Untuk berhenti dapat dibaca menyerupai pada 8 dasar cara berguru motor diatas pada kondisi di poin atau di nomer 6 dan seterusnya.
Informasi terkait